Ibu Rumah Tangga, Perlu Personal Branding Juga?

635982467351020399-1070171939_moms

Ini catatan lama, ketika saya mengisi materi tentang Personal Branding. Kebetulan yang ditanyakan adalah: apakah Ibu Rumah Tangga/Moms itu perlu membangun personal branding juga?

Nah, ini penjelasannya.

Kebanyakan dari full-time Moms yang saya temui, mereka menyandang identitas skill sebagai orang yang Multi-Tasking. Yang jadi bagian manajer keuangan, manajer event, jadi koki, dokter kecil-kecilan, boss, dan sebagainya. Yang tentu saja, itu oke dan sudah sewajarnya.

Namun ketika seorang Mom ingin melebarkan sayap ke dunia profesional (biasanya setelah anak dipandang cukup mandiri), itu bisa menjadi ganjalan. Sebab, banyak Mom terlanjur banyak tahu tentang banyak hal, dan kepingin bisa banyak hal. Supermoms syndrome. Semua ingin dipelajari, dikuasai, dan dimiliki pada saat bersamaan. Padahal dana dan waktu tentu saja tidak selalu bisa disediakan seketika itu juga.

Karena terbiasa menangani multitasking, banyak Moms akhirnya kehilangan orientasi. Apa yang sebenarnya paling mereka kuasai? Apa yang sebenarnya paling tepat buat mereka? Bidang apa yang seharusnya mereka pelajari, dan mengapa? Itu tidak lagi mudah untuk mereka jawab.

Untuk itu, sangat perlu bagi para Moms untuk kembali merenungkan, apa yang ingin mereka capai di masa depan. Sisihkan waktu untuk melihat kembali ke dalam diri sendiri: apa yang selama ini sudah menjadi bekal untuk berkembang nanti?

Dalam dunia profesional, multitasking kadangkala tidak lagi strategis. Yang banyak diperlukan adalah orang-orang dengan keahlian yang menonjol, untuk bidang spesifik yang dibutuhkan perusahaan atau klien, dan yang lebih penting lagi adalah orang dengan identitas atau Brand Diri yang jelas.

Tanpa memiliki pengetahuan tentang Brand Diri, biasanya kita sulit untuk menentukan fokus, membuat prioritas, dan menentukan strategi untuk masa depan.

Jadi, apakah seorang Moms perlu memiliki pengetahuan tentang Branding Diri? Menurut saya, ya. Sangat perlu. Sebab itu akan sangat membantu langkah sang Moms selanjutnya.
———

Artha Julie Nava
Certified Personal Branding Strategist | Certified Social Branding Analyst


 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s